Minggu

ilmu copas




بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمَ

 أسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمةُ اللهِ وَبَرَكَتُهُ


Sahabat dunia maya ku  , semoga senantiasa  dalam limpahan   Rahmat & kasih sayang  Allah subhanahu wata’ala.  aamiin 

Sahabat kita ada di sini untuk  bersilaturahim dan tentunya untuk  saling   berbagi ,… karena kita berbeda kita perlu berbagi bila sama tentunya tidak perlu berbagi  lagi kan ,… hehehe  

Sahabat tiada yang salah dengan perbedaan
dan segala yang kita punya
yang salah hanyalah sudut pandang kita.. 

Sahabat ku ,… kita adalah makhluk yang diberi kemampuan untuk berempati, kemampuan untuk berbagi, kemampuan untuk memberi dan kemampuan untuk berterimakasih. Kita memang tak punya apapun untuk dimiliki, tapi tak ada alasan yang membuat seorang manusia berkata ”Aku tak punya apapun untuk di bagi”, karena kita punya hati, akal dan budi. Jika tak ada harta yang bisa kau beri, berilah ilmumu, jika belum banyak ilmu yang bisa kau tularkan, berilah tenagamu, jika tak cukup banyak tenaga yang bisa kau bagi, berilah kata-kata indahmu untuk menghibur dan menyemangati, jika kata-kata pun kau tak mampu, berilah senyum dan doa tulusmu, dan berikan semua itu dengan cinta dan keikhlasanmu.




Sahabat berbagi ada berbagai macam cara ,dan salah satu cara kita berbagi di dunia maya ini adalah dengan cara COPAS ( copy paste)


Sahabat istilah COPAS bagi kita yang bergelut di bidang computer  tentu sudah tidak asing lagi . COPAS ,… copy paste atau menyalin ,… mengandakan dan istilah bekennya NJIPLAK ,… hehehe J cara kerja computer yang sangat memudah kan kita untuk menyalin teks ,.. artikel , status , catatan –catatan penting yang menarik tentunya untuk berbagai macam keperluan dan kepentingan .

 Ini ada Rambu –rambu  Bagi saya sendiri terutama ,… karena saya sendiri juga sangat menyukai njiplak tulisan orang lain hehehe (JUJUR ) dan untuk  sahabat –sahabat yang terbiasa meng COPAS tulisan atau artikel orang lain 

Sebaiknya kita ambil tulisannya , kita pahami , kita amalkan , terus kita sampaikan kepada orang lain   untuk itu perhatikan rambu –rambu di bawah ini :

(1)  mencantumkan sumber aslinya , untuk memudah kan perujukan  bila di diskusikan 


(2) ini yang berkenaan dengan bidang agama atau dakwah ada peringatan ya :


يَٓأَيُّهَااَلَّذِيْنَءَامَنُوْالِمَ تَقُوْلُوْنَ مَالاَتَفْعَلُوْنَ (٢)

Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?


كَبُرَمَقْتًاعِنْدَ اللهِ أَنْ تَقُوْلُوْامَالَاتَفْعَلُوْنَ  (٣)

Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.


(3) semoga kita tidak menjadi orang yang merugi yaitu seperti golongan di bawah ini
Ada tiga golongan orang yang akan menyesal pada hari khiamat :
 
(1)   orang yang memiliki budak ketika di dunia , ternyata pada hari kiamat budak tersebut memiliki prestasi amal lebih baik darinya


(2)    orang yang mempunyai harta tetapi tidak mau bersedekah dengannya sampai ia meninggal dunia kemudian harta tersebut di warisi oleh orang yang memanfaatkannya untuk bersedekah di jalan Allah subhanahu wata’ala


(3)    orang yang mempunyai ilmu tetapi tidak memanfaatkan ilmunya , lalu ilmu tersebut di ketahui oleh orang lain yang mampu mengambil manfaat darinya (Syufan bin Uyainah ) 

♥♥♥

Jadi kita harus hati-hati untuk menyampaikan sesuatu ya , jangan sampai kita dianggap si pembual  bisa ngomong , bisa nulis tapi gak bisa nglakoni (MALU) …semoga hasil copas kita bermanfaat untuk kita sendiri dan orang lain yang memanfaatkanya so jangan asal COPAS , !!!


“,………Biar isi hadist en semua hal yg manis2 juga di status mu but kalo gk diamalkan jg hmm....”


Sahabat , itu adalah bagian dari kutipan stutus seorang sahabat di jejaring social  face book .membuat saya berpikir untuk menulis note kecil ini .

Sahabatku ,… kenapa kita mesti menghakimi seseorang mengamalkan atau enggak yang mereka tulis itu bukankah itu bukan urusan kita  . Dari mana kita bias tahu dia mengamalkan atau enggak apa yang mereka sampaikan ,… mereka melaksanakan kita juga tidak tahu , mereka tidak melaksanakan kita juga tidak tahu ,… tapi apakah itu penting bagi kita ,… masalah dia beramal sesuai tulisannya itu kan urusan dia sama Allah subhanahu wata’ala  hmm ,….  betul enggak  ??? 


 
UNTUK SAHABAT –SAHABAT YANG TUKANG MENULIS SEMOGA YANG DI TULIS ITU JUGA DIAMALAKAN YA ,… SEMANGAT !!! BIAR BERMANFAAT  BIAR TIDAK JADI LILIN  YANG HANCUR DEMI MENERANGI SEKEKELING J ,…  ATAU BAHKAN JADI ASAB ,…. KARENA ASAB IA MEMBUMBUNG TINGGI TAPI TIADA ARTI  JADILAH BINTANG –BINTANG YANG INDAH ,… PESONANYA INDAH BERKILAUAN DI BUMI NAMUN DIANYA SENDIRI MELAMBUNG TINGGI DI ATAS LANGIT ,… ITULAH IBARAT SEORANG YANG MENYAMPAIAKAN ILMU & BERAMAL ,…  DIA INDAH DAN DI SUKAI DI PENDUDUK BUMI KARENA ILMUNYA  DI SAMPAIKAN & BERMANFAAT  , PAHALANYA SAMPAI KE LANGIT ,karena ilmu yang di amalkannya …. MASYA’ALLAH . KARENA YANG SAMPAI KE LANGIT ITULAH TUJUAN UTAMANYA


Sahabat ku ,..  sekali waktu coba kita berterima kasih kepada tukang COPAS . untuk apa ,…???   yach untuk hasil copas nya , hasil tulisannya  kalau dia enggak tulis itu stutus yang baik2 , hadist ,… atau artikel , ilmu yang bermanfaat ,… sahabat tau enggak mungkin ilmu itu enggak akan samapai kepada kita tanpa perantaranya ,….
 (TUL  ENGGAK  ??? )


Sahabat coba sekali kala kita pakai kaca mata positif untuk menilai atau memandang sekeliling kita ,… pasti yang akan nampak &  kita dapatkan adalah hal- hal positip ,… bukankah ada pepatah mengatakan “ jangan melihat siapa yang berkata tapi lihatlah dan nilailah apa yang di katakannya “ …. Jadi siapa pun yang menulis , yang posting status  , yang buat artikel  kalau itu bermanfaat mengapa tidak kita samber  aja hehe ,… (kita ambil manfaatnya maksudnya  ,..:) 


SAHABAT KU
♥ Diam itu emas, tapi...... ♥
perkataan yang penuh hikmah itu bisa jadi berlian....

♥ Janganlah memandang pada si pengantar pesan, ♥
pandanglah pada isi pesan yang disampaikan...

♥ Jika kau tak mampu memberi banyak, ♥
cukup berikan aku sebuah senyuman yang tulus,
sebab rahmat ALLAH Subhaanahu wa ta'ala akan selalu menyertai segala bentuk
ketulusan meski hanya lewat seulas senyum....^_^
[Risalah Hati]



 Sahabat ku kita pernah melihat samudra yang begitu indah , luas ,.. tenang menyejukan ,…. ,  pernahkah kita tahu apa yang ada di dalamnya , segala macam limbah datang dari mana saja , limbah pabrik , rumah tangga , berbagai macam air di tampungnya dari air hujan sampai selokan  semuanya masuk ke sana ,… berbagai macam bebatuan bahkan sering juga kapal yang kecelekaan di laut , tertampung olehnya ,… Tapi sahabat ,…. Semuanya di tampungnya ,….. di redamnya dalam –dalam dan di nampakan nya pada kita permukaannya dengan airnya yang begitu jernih  , tenang , menentramkan ,…..



Sahabat begitu pun juga dengan kita , memang kita bukanlah malaikat ,… tapi kita manusia biasa ,  karena kita manusia itulah bukankah kita telah di karunia hati , akal dan pikiran yang dengan semuanya itu kita bisa merasakan ,  berpikir  , meredam segala masalah yang datang ,… dan memberikan yang terbaik untuk semuanya dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan bercermin pada akhlaq junjungan kita Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam   bukankah itu ,.
.“ NIKMAT YANG TAK TERNILAI HARGANYA “


Sahabat ,… bukankah berbagi itu indah …. Kalau ada yang membagikan ilmunya kepada  kita mengapa kita  tidak mensyukuri dan memanfaatkannya malah mengahalanginya dengan berburuk sangka . sahabat ,… biarkanlah hati seluas samudra jangan membebaninya dengan berbagai masalah hati seperti buruk sangka …:)


SAHABAT LIHATLAH
INDAHNYA BERBAGI DALAM DEKAPAN UKHUWAH

Coba kita praktekan rumus 

A = Ambil yang baik

B = Buang yang buruk

C = Ciptakan yang baru , baik dan lebih bermutu tentunya

J

Alhamdulillah , semoga bermanfaat terutama bagi ana sendiri  yang suka COPAS ^^

In my holiday

Bumi-NYA  Allah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" resent post "